Cloud Heaven Liquid Official

Wa: 0895 373 995588

Email: CloudHeavenLiquid[at]gmail.com

Fb Fans Page: Cloud Heaven Liquid Official

IG: @CloudHeavenLiquid

Bukalapak: Eric 5758 Shop

Manfaat Vape Bagi Kesehatan?

Cloud Heaven Liquid, Liquid Vape Pod


Banyak pertanyaan yang muncul dari orang awam apakah vape atau rokok elektrik berbahaya bagi kesehatan? Atau apakah manfaat vape bagi kesehatan? Sebelum menjawab pertanyaan di atas, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu vape atau rokok elektronik.

Macam-macam vape atau rokok elektrik:


1. Jenis Vaporizer Pen

Vape Vaporizer Pen Pod System
Sumber: detik health

Vaporizer pen bentuknya seperti pen dan sangat ringan sangat memudahkan untuk dibawa kemana mana, Vape jenis pen ini terbagi lagi menjadi dua berdasarkan atomizer atau elemen pemanasnya. Dua jenis elemen pemanasnya yaitu:
  • Cartomizer. Jenis ini mengunakan gabungan dari cartridge dan atomizer. Elemen ini berguna untuk memanaskan liquid vape atau cairan rokok elektrik menjadi uap. Untuk vape jenis ini biasanya menggunakan nikotin akan tetapi bisa juga menggunakan liquid yang tidak mengandung nikotin dengan catatan perbandingan propylene glycol (PG)dan vegetable glycerin (VG) adalah 50:50 sehingga liquid vape terebut lebih cair, PG dan VG merupakan bahan untuk membuat liquid, nanti saya akan membahas tentang bahan-bahan liquid vape pada artikel berikutnya. Nah banyak orang yang belum paham mengatakan bahwa vape jenis pen pasti mengandung nikotin, jadi belum tentu ya guys.
  • Atomizer. Jenis ini hanya menggunakan satu elemen saja yaitu koil dan kapas, Nah biasanya jika sudah 3 hari atau sudah kotor berwarna hitam maka kita harus menggantinya. Selain rasa menjadi turun atau kurang enak juga untuk menjaga kesehatan, sebab kapas yang sudah kotor jika digunakan terus menerus akan membayakan kesehatan.

2. Jenis Vaporizer Portable
Manfaat Vape Bagi Kesehatan
Sumber: gosmokefree.co.uk

Selain lebih besar, jenis vape portable memiliki baterai yang lebih besar sehingga dapat menghasilkan uap yang lebih banyak. Mohon diingat ya guys, vape itu bukan menghasilkan asap akan tetapi uap dari liquid vape yang dipanaskan. Selain itu jenis portable ini lebih tahan lama karena kapasitas baterainya yang lebih besar. Ada yang menggunakan satu baterai dan dua baterai.

3. Jenis Vaporizer Desktop
Manfaat Vape Bagi Kesehatan
Sumber: smokea.com


Jenis vaporizer desktop adalah jenis yang terberat. Jenis ini pengunaannya hanya bisa digunakan di rumah saja karena selain membutuhkan permukaan yang datar, vaporizer jenis ini juga membutuhkan pasokan energi yang stabil. Untuk mendapatkan rasa yang enak memang dibutuhkan banyak faktor salah satunya daya baterai yang besar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Nah selain itu juga dibutuhkan liquid vape yang enak seperti salah satunya Cloud Heaven Liquid karena menggunakan flavor import dari Singapore dan bahan-bahan yang kami gunakan food grade, sehingga aman bagi tubuh dan kesehatan.


Manfaat Vape Bagi Kesehatan


Nah apa manfaat vape bagi kesehatan? Sebenarnya sih jika dibanding orang yang tidak merokok ya jujur sih tidak ada manfaatnya, sebab uap yang dihasilkan oleh pembakaran koil yang menggunakan kawat dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan. Namun jika dibandingkan dengan rokok jauh lebih aman, sebab didalam satu rokok mengandung 2000 racun, terutama kandungan TAR pada rokok yang dapat memicu terjadinya kanker, fyi bagi yang belum tau apa itu TAR? TAR itu salah satu bahan yang digunakan untuk membuat aspal jalan. Saya pribadi adalah seorang perokok dan berusaha berhenti rokok dengan menggunakan vape, namun saya menggunakan liquid yang tidak mengandung nikotin.

Jadi sebenarnya manfaat vape bagi kesehatan hanya bisa dibandingkan dengan orang yang perokok, jika Anda bukan seorang perokok ya tidak bisa dibandingkan ya guys. Saran saya sih kalo ya lebih aman tidak menggunakan vape, namun jika Anda bandel ya resiko tanggung sendiri ^_^

Namun hasil saya browsing bahwa ada penelitian dari Universitas Catania di Italia seperti yang diulas oleh liputan6 bahwa pemakaian vape aman bagi paru-paru. Hasil test pada pengguna vape yang menggunakan setiap hari tidak ditemukan masalah pada paru-paru nya, hasil ini diperoleh dari analisis fisiologis, klinis, ataupun efek inflamasi (peradangan).

Seperti kutipan Riccardo Polosa, Direktur Universitas Catania di Italia yang mengatakan bahwa "Kami tidak menemukan bukti adanya masalah kesehatan, terkait penggunaan rokok elektrik atau vape dalam jangka panjang berdasarkan riset kami." Penelitian ini dipublikasikan di Jurnal Scientific Reports.

Diartikel liputan6 juga membahas Studi yang dilakukan oleh Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP).Yang menyatakan bahwa pengunaan vape membawa manfaat menekan risiko kesehatan permasalahan paru-paru.

Pendiri YPKP Prof Dr Achmad Syawqie Yazid menyatakan bahwa vape memiliki risiko kesehatan yang lebih aman atau jauh lebih rendah dibanding menggunakan rokok tembakau. Sumber: https://www.liputan6.com/health/read/3202368/vape-dinilai-aman-untuk-paru-paru-ini-alasannya

Sekian artikel kali ini guys, kalo ada masukan atau tambahan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar